-->

Iklan Billboard 970x250

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Forsa, GL & GLX

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Forsa, GL & GLX

kelebihan dan kekurangan suzuki forsa

Mari kita ulas Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Forsa terbaru tahun 2022. Sebelum ke topik pembahasan utama, mari kita bahas dulu sedikit tentang sejarah dan review dari Suzuki Forsa.

Sejarah dan Review Suzuki Forsa

Suzuki Forsa merupakan mobil kelas hatchback yang masuk ke Indonesia pada tahun 1985 dengan nama awalnya Suzuki Swift model 2 pintu. Karena banyaknya permintaan untuk mengubah model menjadi 4 pintu, akhirnya lahirlah Suzuki Forsa pada tahun 1986 bermesin 1000cc.

Suzuki Forsa sendiri terbagi menjadi 2 tipe yakni Suzuki Forsa GL dan Forsa GLX. Kedua tipe tersebut memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh. Perbedaan Suzuki Forsa GL dan Forsa GLX yang pertama adalah tahun produksinya, dimana Forsa GL diproduksi tahun 1986 sementara Forsa GLX diproduksi tahun 1988.

Selain itu, perbedaan keduanya juga terletak pada fiturnya, Forsa GLX memiliki fitur lebih lengkap dibanding Forsa GL. Seperti contoh, Suzuki Forsa GLX sudah dilengkapi dengan fitur Power window, central lock dan electric mirror. Sementara untuk Forsa GL sendiri belum memiliki fitur-fitur tersebut.

Kelebihan Suzuki Forsa

Seperti mobil Suzuki pada umumnya, maka onderdil atau sparepart mobil ini akan mudah didapatkan, apalagi mesin Suzuki Forsa ini memiliki kemiripan dengan Suzuki Carry.

Kemudian dari sisi fitur, Suzuki Forsa bisa dibilang memiliki fitur yang cukup lengkap untuk sebuah mobil hatchback di zamannya. Apalagi jika kita melihat yang tipe GLX yang sudah dilengkapi dengan Power window, central lock dan electric mirror.

Konsumsi bahan bakar atau BBM Suzuki Forsa cukup irit, karena bobot mobilnya bisa dibilang cukup ringan yakni hanya sekitar 700kg. Dengan bantuan mesin 1000cc, Suzuki Forsa masih sanggup untuk diajak lari. Mobil ini masih menggunakan karburator sehingga semakin memudahkan ketika diperbaiki di bengkel-bengkel pedesaan.

Kelebihan lain dari Suzuki Forsa adalah harganya yang murah, saat ini suzuki Forsa dibanderol dengan harga sekitar 20-30 jutaan. Bahkan harga Suzuki Forsa dibawah 20 juta pun sering kita temukan di lapak-lapak mobile online. 

Para pencinta mobil ini pun banyak bergabung dengan komunitasnya, bahkan komunitas Suzuki Forsa ada di beberapa daerah seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan daerah-daerah lainnya selain Jawa Bali. 

Kekurangan Suzuki Forsa

Kekurangan mobil ini ada pada desainnya yang bisa dikatakan terlalu jadul. Selain itu, mobil ini juga sering mengalami overheat.

Kekurangan lainnya adalah belum adanya power steering untuk tipe GL sehingga agak berat ketika bermanuver. Kemudian untuk space, mobil ini memiliki ruang bagasi yang sempit. 

Untuk pajak Suzuki Forsa sendiri cukup murah yakni kurang dari satu jutaan. Mobil ini memiliki transmisi manual 5 speed. Mobil Forsa juga bisa dimodifikasi dengan berbagai bentuk, seperti Forsa Modif Ceper, Forsa Modif Rally, dll. 

Demikian ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki Forsa GL dan GLX berikut sejarah dan reviewnya. Dapatkan informasi seputar otomotif lainnya di IM-Media. Baca artikel terbaru kami: Daihatsu Charade
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Iklan Tengah Post